Rabu, 22 November 2017

Konfigurasi Router pada CPT (Cisco Packet Tracer)

Assalamu'alaikum wr wb..
Akhirnya setelah sekian lama tidak aktif di blog, kini saya hadir kembali untuk berbagi sedikit ilmu mengenai cara Konfigurasi Router pada CPT (Cisco Packet Tracer).

yups..mungkin langsung saja ya..karena dikejar waktu ( duhh.. jangan ditiru dah deadliner macam saya ini, parah..parah.. :D , tapi bagi saya.. penting faham sih dalam mengerjakan :) )

oke..sebelumnya teman-teman harus tau nih.. apa saja yang perlu di persiapkan untuk belajar bagaimana cara mengkonfigurasi router. Yang pertama, teman-teman harus punya niat, karena sangat eman dong melakukan sesuatu tanpa niat, disamping mengharap pahala (belajar/menuntut ilmu) tapi juga mengharap barakah (agar ilmunya bermanfaat), Yang kedua, teman teman butuh namnya "cinta", iyups,,betul,, mengerjakan sesuatu tanpa cinta saya jamin dah..akan terasa membosankan, apalagi kali ini kita akan belajar mengkonfigurasi router, kalau dicoba berulang kali tidak connect-connect kan sebel banget, oleh karena itu jangan lupa dijalani dengan cinta. :) . selanjutnya yang ketiga,  teman-teman harus punya CPT (bukan "cepat" kayak singkatan di sms ya.. melainkan Cisco Packet Tracer), iyup..karena CPT adalah media yang akan kita gunakan untuk mengkonfigurasi router. dan yang terakhir teman-teman, perhatikan langkah demi langkah tutorial dibawah ini dengan baik dan jangan sampai terlewatkan ya.. karena sangat penting demi connectnya jaringan hasil konfigurasi router teman-teman.
yup..langsung saja, berikut adalah langkah-langkah untuk mengkonfigurasi router, kali ini saya memberikan contoh menggunakan 3 router :

1. Buka Cisco Packet Tracer
2. Ambil 3 router PT, 3 switch PT, dan 9 PC (sesuai keinginan), seperti pada gambar berikut:
3. Sambungkan antar router dengan kabel Serial DTE yang berwarna merah, dan sambungkan antara PC dan switch / switch dan router dengan kabel Copper Straight - Through yang berwarna hitam, seperti gambar berikut:
4. Selanjutnya masukkan IP Address, namun sebelum memasukkan IP Address alangkah baiknya teman-teman ketahui dahulu table addressing yang sudah saya buat seperti berikut:

Keterangan:
- pada router 1 terdapat 2 port yaitu fa0/0 dan Serial 2/0, router 2 terdapat 3 port yaitu fa0/0, Serial 2/0, dan Serial 3/0, router 3 terdapat 2 port yaitu fa0/0 dan Serial 3/0, sedangkan setiap PC memiliki satu port.
- setiap port memiliki alamat IP Address, untuk mengaturnya dapat diklik pada device yang akan diatur IP addressnya, pada router dapat digambarkan seperti berikut:

sedangkan pada PC, setelah klik device PC kemudian pilih dekstop -> ip configuration, kemudian dapat digambarkan seperti berikut ini:
 
5. Langkah berikutnya, setelah memasukkan IP Address yaitu menentukan statik router, agar setiap device dapat terhubung. Untuk menentukan statik router perlu kita ketahui bahwa dalam jaringan yang saya buat ini memuat 5 subnet, yang saya gambarkan seperti gambar berikut:

setelah diketahui ada 5 subnet dan network number yaitu 199.199.0.0 , 199.199.1.0, 199.199.2.0, 20.20.20.0, dan 30.30.30.0 maka untuk mengetahui statik routernya kita dapat menggunakan cara membuat tabel routing, seperti gambar berikut ini :
setelah kita ketahui statik routernya dapat langsung dimasukan pada setiap router seperti pada gambar berikut:
6. langkah terakhir yaitu cek dengan ikon amplop yang ada diCisco Packet Tracer untuk mengirim dari PC ke PC, apabila berhasil maka terlihat seperti gambar berikut:
...
selamat mencoba.
sekian tutorial sederhana dari saya, semoga dapat bermanfaat, mohon maaf atas segala kekurangan, insyaallah suatu waktu akan saya perbaiki lagi dalam segi penulisan (maklum..deadliner :D,, ada kendala word error lagi..terpaksa ada yang tulis tangan kemudian saya foto, hehe, punteeen), kalau ada pertanyaan bisa tinggalkan pesan dalam kolom komentar.
terima kasiih..

see u next time :)
wassalamu'alaikum wr wb.

Salam Pencari Ilmu !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar